MEMBANGUN GURU BERKARAKTER

Guru memiliki peranan yang sangat penting dalam membangun karakter bangsa. Oleh karena itu guru harus terlebih dahulu memiliki kepribadian yang berkarakter .Karena guru adalah salah satu orang yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pendidikan.
Definisi Pendidikan:
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran di agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara (UU Sisdiknas pasal 1 ayat 1)
Prof. Dr.Arief Rahman,M.Pd adalah penasehat pendidikan BPS - UNJ , menurut beliau Karakter guru sangatlah perlu dibangun dan dikembangkan, sehingga pendidikan boleh sukses..
Pemahaman Mengenai Sukses Pendidikan:
Pendidikan yang sukses adalah pendidikan yang mampu mengantarkan pelajar menjadi:
1. Bertaqwa
2. Berkepribadian matang
3. Berilmu mutakhir dan berprestasi
4. Mempunyai rasa kebangsaan
5. Berwawasan global.
Peran Guru:
1. Konservator (pemelihara) sistem nilai yang merupakan sumber norma kedewasaan
2. Inovator (pengembang) sistem nilai ilmu pengetahuan
3. Transmitor (penerus) sistem-sistem nilai tersebut kepada peserta didik
4. Transformator (penterjemah) sistem-sistem nilai tersebut melalui penjelmaan dalam pribadinya dan perilakunya, dalam proses interaksi dengan sasaran didik
5. Organisator (penyelenggara) terciptanya proses edukatif yang dapat dipertanggungjawabkan, baik secara formal (kepada pihak yang mengangkat dan menugaskannya) maupun secara moral (kepada sasaran didik, serta Tuhan yang menciptakannya) #Abin Syamsuddin (2003)
Mutu Guru :
1. Akademis
2. Psikologis
3. Metodologis
4. Sosiologis
5. Jasmani
Kekuatan yang dibina:
• Kemampuan (Ability): 45%
• Kepribadian (Personality) 30%
• Sikap / Kecenderungan Perilaku: (Attitude) 25%
Profesionalisme:
* Habits/ Kebiasaan
* Attitude/ Sikap
* Ethnic/Etika
* Knowledge/ Ilmu Pengetahuan
* Skill/ Kemampuan
*Values/ Nilai Ragam
Ragam Potensi Kecerdasan:
Potensi Spiritual:
• Mampu menghadirkan Tuhan/Keimanan dalam setiap aktifitas. • Kegemaran berbuat untuk Allah.
• Disiplin Beribadah
• Sabar berupaya
• Berterima kasih/bersyukur atas pemberian Tuhan kepada kita.
Potensi Akal :
• Kemampuan berhitung
• Kemampuan Verbal
• Kemamuan spasial
• Kemampuan Membedakan
• Kemampuan membuat daftar prioritas.
Potensi Jasmani:
• Sehat secara medis
• Tahan cuaca
• Tahan bekerja keras
Potensi sosial :
l• Senang berkomunikasi
• Senang menolong
• Senang berteman
• Senang membuat orang lain senang
• Senang bekerjsama
Potensi Perasaan :
• Mengendalikan emosi
• Mengerti perasaan orang lain
• Senang bekerjasama
• Menunda kepuasan sesaat
• Berkepribadian stabil
Sentuhan Pembelajaran:
- Estetika ,perasaan enak /sebel -
Logika Akal ,benar/ salah
- Etika, Iman / Qolbu Halal/ haram.
Kecenderungan Sikap: Introvert dan Extrovert
•Sangat Murung, Tegang Tidak Bersemangat, penuh perhitungan, Kaku, Dingin, Pendiam, Pasif H.
Hati hati Tenggang; Damai; Terkendali Dapat dipercaya; Emosi Seimbang
Perasa Tidak Tenang; Agresif Negatif; Berubah-ubah
Optimis Aktif Bermasyarakat;
Orientasi Bergembira; Pemimpin
Merdeka Fleksibel/Memahami Perbedaan; Senang Berkomunikasi.
Hal hal tersebut diatas haruslah dimengerti , dipahami oleh seorang guru .sehinnga dirinya juga boleh menerapkan perndidikan karakter terhadap anak didiknya.Semoga bermanfaat.
Tantangan H-100
Tangerang ,Kamis,23 April 2020
Catatan : Rumondang Sianturi.

Komentar